Tinjauan pustaka obesitas pada anak

Orang-orang yang tidak aktif memerlukan lebih sedikit kalori.

Obesitas pada anak. Obesitas digolongkan menjadi 3 kelompok: Meskipun masalah genetik dan hormonal juga dapat menjadi penyebab terjadinya obesitas pada anak-anak, kebanyakan kasus kelebihan berat badan disebabkan karena anak-anak makan terlalu banyak dan terlalu sedikit bergerak.

TINJAUAN PUSTAKA KEGEMUKAN DAN OBESITAS PADA ANAK-ANAK

Depresi Isolasi sosial dan rendahnya rasa percaya diri menimbulkan rasa perasaan tidak berdaya pada sebagian anak yang kelebihan berat. Selain itu, pada waktu lahir anak tidak dibiasakan mengonsumsi air susu ibu ASItetapi dibiasakan pakai susu formula dalam botol, padahal anak yang diberi ASI biasanya asupan ASI-nya sesuaI ketentuan berat badan bayi Soetjiningsih,dkk, Etiologi obesitas Kemajuan dibidang ilmu pengetahuan, teknologi, dan ekonomi telah menciptakan suatu lingkungan dengan gaya hidup cenderung sedentary atau kurang gerak dan pola makan dengan makanan enak yang tinggi kalori dan lemak.

Pada tahap ini, pangan yang mengandung karbohidrat, seperti biji-bijian, beras tumbuk atau kacang-kacangan ditingkatkan porsinya. Meski begitu, asupan lemak menjadi berlebihan sehingga metabolisme tubuh tidak seimbang. Kata kunci: Resepnya bisa bervariasi tapi sayur-sayuran jenis kubis, bawang serta tomat harus ada dalam setiap menu.

Saunders Company; Sehingga banyak ibu yang merasa bangga jika anaknya sangat gemuk, dan di satu pihak ada ibu yang kecewa ketika melihat anaknya tidak segemuk anak tetangganya. Penurunan berat badan harus dilakukan secara teratur dan sedikit demi sedikit. Pihak orang tua harus paham benar akan waktu dan menu yang tepat untuk memberi makan terhadap bayinya.

Bagi perempuan, lemak yang berlebih ini umumnya disimpan di perut, paha dan pinggul. Jahari A. Zone Diet Diet jenis ini dibawa oleh Dr. Bila anak-anak mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada kalori yang mereka buang melalui olah gerak dan perkembangan fisik yang normal, mereka akan mendapatkan kelebihan berat.

Puslitbang Gizi dan Makanan; Pada beberapa anak yang mengalami depresi, mereka dapat menyembunyikan kesedihan mereka sehingga emosi mereka justru kelihatan datar saja.

Terdapat timbunan lemak pada daerah payudara, dimana pada anak-anak laki sering merasa malu karena payudaranya seolah-olah tumbuh. Tumbuh kembang anak. Bagaimanapun, depresi adalah masalah yang serius baik pada anak-anak maupun pada orang dewasa.

Penyakit-penyakit seperti ini, misalnya sindrom Prader-Willi dan sindrom Bardel-Biedl hanya terjadi pada sebagian kecil anak-anak.11 BAB II TINJAUAN PUSTAKA A.

Anak 1. Pengertian Anak Anak menurut bahasa adalah keturunan kedua sebagai hasil antara hubungan pria dan wanita. TINJAUAN PUSTAKA Definisi Obesitas Obesitas tidak sama dengan overweight. Obesitas merupakan keadaan patologis, yaitu terdapatnya penimbunan lemak yang berlebihan dari yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal (Soetjiningsih, ).

WHO () secara sederhana mendefinisikan obesitas sebagai kondisi abnormal atas akumulasi lemak yang ekstrim pada jaringan adipose. Inti dari obesitas. Obesitas yang terjadi pada anak memiliki resiko bahaya yang lebih besar dibandingkan obesitas yang terjadi pada saat dewasa, karena obesitas yang disebabkan karena banyaknya jumlah sel lebih sulit disembuhkan dan meningkatkan risiko terkena penyakit-penyakit degeneratif di masa ancientmarinerslooe.com: Kongiz-Q.

12 2.

Faktor-faktor Penyebab Terjadinya Obesitas Pada dasarnya obesitas terjadi karena energi yang didapat lewat makanan melebihi energi yang dikeluarkan anak.

10 Universitas Indonesia risiko overweight dan obesitas.

Pada anak-anak yang melewatkan makan pagi dilaporkan 27,5% overweight dan 9,6% obes (p=0,01 dan p=0, Diabetes Mellitus tipe-2 jarang ditemukan pada anak obesitas (Syarif, ).Prevalensi penurunan uji toleransi glukosa pada anak obesitas adalah 25% sedangkan Diabetes Mellitus tipe-2 hanya 4%.Hampir semua anak obesitas dengan Diabetes Mellitus tipe-2 mempunyai IMT > + 3SD atau > persentile ke 99 (Bluher et al, ).

Tinjauan pustaka obesitas pada anak
Rated 5/5 based on 57 review