Metabolisme lemak

Glukosa yang berlebih ini akan mengalami fosforilasi menjadi glukosaphospat. Dimulai dari proses yang terjadi di sitoplasma sampai ke dalam mitokondria.

Oleh karena itu, tahapan ini disebut sebagai tahapan sambungan junction antara glikolisis dengan siklus Krebs. Oleh karena perannya yang sangat penting, fungsi dari metabolisme diantaranya, yaitu: Fungsi ACP dalam sintesis asam lemak adalah bertindak sebagai suatu karier perantara.

Asam lemak mempunyai peran yang sangat penting sebagai sumber pembentuk energi dalam tumbuhan dan hewan. Demikian seterusnya, asam sitrat membentuk bermacam-macam zat dan akhirnya membentuk asam oksaloasetat lagi Rochimah, VLDL dapat berpengaruh buruk bagi tubuh, karena mampu menyebabkan aterosklerosis penyumbatan oleh lemak.

Asetil KoA yang dihasilkan tersebutlah yang menjadi salah satu sumber bahan metabolisme lemak sintesis asam lemak ini. Selanjutnya sebagaimana asetil KoA dari hasil metabolisme karbohidrat dan protein, asetil KoA dari jalur inipun akan masuk ke dalam siklus asam sitrat sehingga dihasilkan energi.

Metabolisme lemak adalah proses kompleks dalam tubuh organisme yang mempunyai beberapa reaksi dan jalurnya tersendiri. Glikolisis terjadi melalui 10 tahapan yang terdiri dari 5 tahapan penggunaan energi dan 5 tahapan pelepasan energi.

Lemak Lemak, disebut juga lipid, adalah suatu zat yang kaya akan energi, berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh. Reduksi ikatan rangkap antara C24 dan C Berikut gambar di bawah ini reaksi dekarboksilasi oksidatif dan reaksinya.

LDL ini bertugas menghantarkan kolesterol ke dalam tubuh.

Penjelasan Proses Metabolisme Lemak Dalam Tubuh

Misel akan diproses oleh enzim lipase yang disekresi pankreas menjadi asam lemakgliserolkemudian masuk melewati celah membran intestin. Kolesterol yang tidak diperlukan akan dilepaskan ke dalam darah, dimana pertama-tama akan berikatan dengan HDL High Density Lipoprotein.

Pada saat otot berkontraksi, asam piruvat tidak dikonversi menjadi asetil-KoA, melainkan menjadi asam laktat. Proses ketogenesis terjadi melalui tahap-tahap berikut: Ketika tubuh memerlukan energi, baik trigliserida, HDL dan LDL akan diurai dalam sitoplasma melalui proses dehidrogenasi kembali menjadi gliserol dan asam lemak.

Sebagian besar asam lemak bebas yang mengalami katabolisme berasal dari proses hidrolisis trigliserida oleh enzim lipase yang terdapat di dalam sel jaringan lemak. Fungsi lemak Lemak merupakan nutrisi yang berfungsi sebagai: Asetil KoA diproduksi di dalam mitokondria melalui oksidasi asam lemak dan piruvat, asam amino dan juga dari badan keton.

Kemudian mevalonat kinase mengkonversi mevalonat menjadi 3-fosfo 5-pirofosfomevalonat. Enzim — enzim pencernaan akan memecah lemak dan kemudian lemak akan diserap oleh tubuh dan kemudian diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan.

METABOLISME LEMAK

Asetil KoA sebagai hasil oksidasi asam lemak juga berpotensi menghasilkan badan-badan keton aseto asetat, hidroksi butirat dan aseton.

PDH Step 2 cont'd: Pemecahan protein Deaminasi maupun transaminasi merupakan proses perubahan protein menjadi zat yang dapat masuk ke dalam siklus Krebs. FKUI; Gliserofosfolipid adalah molekul amfipatik mengandung wilayah hidrofobik dan hidrofilik yang mengandung inti gliserol yang terkait dengan dua "ekor" turunan asam lemak oleh ikatan-ikatan ester dan ke satu gugus "kepala" oleh suatu ikatan ester fosfat.

Biosintesis ini berlangsung dalam sitoplasma, membutuhkan asam sitrat sebagai kofaktor dan membutuhkan CO2 sebagai factor pembantu dalam mekanisme pemanjangan rantai asam lemak, meskipun CO2 tidak tergabung ke dalam asam lemak tersebut.

Hasil akhir didapatkan energy sebesar 38 ATP untuk satu molekul glukosa.Metabolisme Lemak adalah mengubah lemak menjadi gliserol dan asam lemak. Gliserol mengikuti jalan metabolisme glukosa.

PROSES METABOLISME LEMAK

Sedangkan Oksidasi asam lemak yaitu rangkaian atom C dipecah menjadi fragmen 2-C melalui Beta-Oksidasi. Proses ini menyangkut pertautan koenzim A pada gugusan Karboksil (COOH) akhir dari molekul asam ancientmarinerslooe.com: Yapin Nasution. METABOLISME KARBOHIDRAT, PROTEIN DAN LEMAK PROSES METABOLISME KARBOHIDRAT.

Lintasan metabolisme dapat digolongkan menjadi 3 kategori: 1. Lintasan anabolik (penyatuan/pembentukan) Ini merupakan lintasan yang digunakan pada sintesis senyawapembentuk.

proses metabolisme lemak Proses pencernaan lemak di dalam tubuh dimulai di dalam mulut yaitu dikunya, dan dicampur dengan air ludah, dan dicampur dengan enzim lipase lingual yang terdapat di dalam kelenjar air liur. setelah itu lemak masuk ke dalam esofagus dan didalam esofagus lemak tidak.

Metabolisme Lemak pada Tubuh Gloria Stefanie Ferdian Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Krida Wacana Jl.

Pengertian dan Proses Metabolisme Lemak di dalam Tubuh

Arjuna Utara No.6 Kebon jeruk, Jakarta Barat Email: [email protected] Abstrak Metabolisme lemak adalah proses internal untuk menghancurkan asam lemak.

Lemak, disebut juga lipid, adalah suatu zat yang kaya akan energi, berfungsi sebagai sumber energi yang utama untuk proses metabolisme tubuh.

Lemak yang beredar di dalam tubuh diperoleh dari dua sumber yaitu dari makanan dan hasil produksi organ hati, yang bisa disimpan di dalam sel-sel lemak.

May 07,  · Tugas Presentasi Kelas C Fakultas Farmasi UGM-- Created using Powtoon -- Free sign up at ancientmarinerslooe.com -- Create animated videos and an.

Metabolisme lemak
Rated 3/5 based on 93 review